SebelahMata

Saturday, November 5, 2011

Street Culture Photography Exhibition

Sebuah pameran fotogafi yang diadakan oleh Lembaga Indonesia Perancis yang bekerjasama dengan Jurusan Fotografi Fakultas Seni Media Rekam Institut Seni Indonesia Yogyakarta dalam rangka Mois de la Photo 2011 atau bulan fotografi. Mois de la Photo adalah merayakan fotografi dalam berbagai perwujudannya, baik itu pameran foto, workshop, dan diskusi.

Pameran ini bertempat di Galerie LIP, Jl. Sagan 3 Yogyakarta pada tanggal 1-11 November 2011. Acara dibuka dan diresmikan oleh Wakil Walikota Yogyakarta, Drs. H. Haryadi Sayuti pada tanggal 4 November pukul 19.00. Tema yang diangkat pada pameran ini adalah "Street Culture", yaitu pameran fotografi yang menggambarkan respon manusia terhadap kehadiran jalanan dalam kehidupannya. Pameran ini diikuti oleh sekitar 24 fotografer yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Jurusan Fotografi ISI Yogyakarta serta fotografer dari perguruan tinggi lain seperti STSRD Visi Yogyakarta, MSD, dan AKINDO Yogyakarta.

Selain pameran foto juga diadakan seminar, yaitu "Metodologi Penciptaan dan Pengkajian Seni Media Rekam", dengan pembicara Arti Wulandari, M. Sn dan Lucia Ratnaningdyah, SIP., M.A, pada tanggal 9 November 2011 pukul 10.00. Workshop yang diadakan adalah "Old Print Process", yaitu sebuah pembacaan terhadap teknik proses cetak tua pada lembar kertas, dengan pembicara Irwandi, M. Sn, dan diadakan pada tanggal 9-10 November 2011.

Walaupun hujan terus mengguyur pada acara pembukaan pameran, tapi itu tidak menyurutkan semangat para pengunjung untuk hadir pada pembukaan ini, dan untuk kedepannya diharapkan agar tetap bisa menjalin kerjasama lagi antara ISI Yogyakarta dan LIP dalam menyelenggarakan kegiatan kesenian/kebudayaan yang bernuansa akademik.

photo & text by : Spheriks

No comments:

Post a Comment